Monday, June 11, 2018

5 Cara Mudah Mengatasi Bluescreen PC atau Laptop

Timornesia - Selamat pagi sobat techno, lama gak update artikel baru . Kali ini kita akan membahas penyakit semua sistem operasi atau OS yaitu BlueScreen. Jika sobat pernah mengalami atau sedang mengalami bluescreen pada PC atau Laptop sobat pasti sangat kesal bukan? Sebelumnya kita harus mengetahui kenapa bluescreen bisa terjadi pada PC atau Laptop sobat. Bluescreen adalah sebuah istilah untuk sebuah cara untuk “Debug” dari kerusakan Hardware/Software. Jadi dengan adanya Bluescreen, Kita atau teknisi bisa mengetahui bagian apa sih yang rusak dari PC kita. Rusak disini tidak seperti Eror biasa seperti Hang atau Lag. Berikut 5 Cara Mudah Mengatasi Bluescreen PC atau Laptop menurut Nusatechno21.

5 Cara Mudah Mengatasi Bluescreen PC atau Laptop

Penyebab Bluescreen :
  • Kerusakan pada Chip BIOS.
  • Pemasangan Hardware yang salah. Seperti Ram tidak terpasang dengan benar, Masalah Slot pada VGA/Lan Card, Kabel SATA/Pata tidak terpasang dengan baik,  dsb
  • Overheat pada Processor/Hardisk atau Vga Card
  • Kerusakan pada Connector USB
  • Kerusakan pada LAN Card
  • Kerusakan pada Hardisk
  • Kerusakan pada Motherboard. Entah itu dibagian VRM, Chipset, Chip Controller dsb.
  • BUG/cacat dari software yang anda gunakan yang dimana BUG ini menyebabkan System tidak bisa berjalan dengan baik.
  • BUG/cacat yang ada pada Driver dari Hardware yang anda pakai.
  • Eror pada regristry
Cara Mengatasi :

1. Restart Komputer sobat


Hal pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan cara restart atau reboot ulang PC atau laptop sobat. Jika setelah reboot atau restart masih mengalami bluescreen silahkan cek cara kedua

2. Gunakan System Repair Windows

Berikutnya silahkan sobat menggunakan System Repair Disc pada Windows atau OS sobat.

3. Gunakan System Restore Windows

Selanjutnya jika masih terjadi hal yang sama silahkan sobat gunakan System Restore Windows.

4. Lakukan Malware Scan pada PC atau Laptop

Cara berikutnya adalah dengan melakukan Scan Malware pada Laptop sobat . Silahkan sobat download atau unduh aplikasi untuk scan malware di google beserta caranya.

5. Install Ulang Windows

Langkah terakhir adalah langkah yang paling manjur. Silahkan sobat lakukan install ulang windows jika cara diatas masih belum bisa mengatasi permasalahan Bluescreen pada laptop atau Komputer sobat. Silahkan sobat cari tutorial di google tentang cara Install Ulang Windows.

Itulah 5 Cara Mudah Mengatasi Bluescreen PC atau Laptop sobat. Cara diatas adalah cara-cara yang dianggap mampu mengatasi masalah bluescreen pada PC atau Laptop sobat. Jika masih bingung atau mengalami kesulitan untuk melakukan cara-cara diatas sobat bisa tinggalkan komentar ya.

~Semoga Bermanfaat

No comments

Post a Comment