7 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Saat Menulis Di Blog

Share:

Timornesia - Sering kali dalam melakoni aktivitas blogging, kita mengalami masa-masa di mana blog yang kita kelola serasa tidak mengalami perkembangan atau stuck selama beberapa saat, yang disebabkan oleh kehabisan ide dalam menulis artikel baru.

Sebagai seorang blogger, terlebih lagi untuk anda yang menjadikan blog sebagai kegiatan atau penghasilan utama, setiap harinya otak akan dituntut untuk lebih bisa memunculkan ide dan inspirasi baru, karena dengan adanya konten atau artikel baru, maka posisi blog yang anda kelola akan semakin memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari, selain itu bila konten tersebut memiliki nilai dalam artian berkualitas, tentu saja blog anda akan lebih “disayang” oleh raksasa mesin pencari, yakni Google.

Tapi nyatanya tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam berpikir dan memunculkan ide dan inspirasi baru setiap harinya, terutama bila orang tersebut sama sekali tidak memiliki latar belakang sebagai seorang penulis, contohnya seperti saya ini.

Maka dari itu saya akan mencoba untuk sedikit mebagikan beberapa tips dan cara yang sering saya lakukan, agar tidak kehabisan ide dalam menulis artikel blog yang saya kelola.

7 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Saat Menulis Di Blog


1. Sering Membaca

Hal utama yang harus anda perhatikan adalah rajinlah membaca. Terlebih lagi di jaman modern sekarang ini media untuk membaca semakin beragam, jadi bukan hanya buku, tetapi gadget dan internet juga dapat dipergunakan untuk membaca dan mencari refrensi serta menambah wawasan anda.

2. Baca Artikel Yang Sedang Trending

Selanjutnya sobat bisa membaca artikel yang sedang booming atau sedang hangat di internet. Dengan membaca artikel terbaru yang sedang hangat biasanya bisa akam mudah mendapat inspirasi, dan tak jarang ide baru akan muncul dengan sendirinya dalam pikiran anda.

3. Manfaatkan Tools Untuk Riset Keyword

Keyword atau Kata Kunci sangat penting untuk riset terhadap blog sobat, jadi silahkan sobat gunakan tools yang tersebar di internet untuk meriset keyword yang sering dicari agar menambah visitors sobat.

4. Sering Blog Walking

Istilah Blog Walking pasti sudah tidak asing di kalangan Blogger. Blog walking atau BW sangat penting untuk perkembangan blog sobat sendiri. Silahkan sobat gunakan sarana ini untuk mencri tau Tulisan yang akan sobat buat di blog sobat.

5. Cari Inspirasi Melalui Youtube

Youtube bisa jadi alternatif yang sangat berguna ketika sobat ingin mencari inspirasi saat menulis. Tidak hanya membaca, menonton pun dapat memberi kita inspirasi saat nanti ingin menulis di blog.

6. Bergabung Ke Forum

Tips selanjutnya adalah bergabung ke forum-forum. Contoh forum besar di indonesia seperti Kaskus bisa jadi alternati saat sobat kehabisan ide untuk menulis. Disana sobat dapat mengajukan pertanyaan seputar blog dan sebagainya.

7. Jangan Memaksakan Otak Dan Istirahat

Hal ini wajib untuk dipertimbangkan, bila memang saat itu anda sedang merasa lelah, maka saya sarankan untuk tidak terlalu memaksakan pikiran untuk mencari ide ide artikel baru, karena hal yang memaksakan itu biasanya berujung tidak bagus, dan memaksakan otak untuk berpikir saat kondisi letih juga beresiko pada kesehatan anda, jadi bila memang terasa letih dalam berpikir lebih baik tidurlah terlebih dahulu atau bisa juga dengan sekedar berkeliling mencari udara segar, lalu lanjutkan kegiatan mencari inspirasi dan ide baru tersebut pada saat kondisi anda telah bugar kembali.



Itulah 7 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Saat Menulis Di Blog yang bisa saya bagikan ke sobat semua. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan dan masukan untuk sobat saat ingin menulis artikel atau saat sobat kehabisan ide saat menulis sebuah artikel.

~Semoga Bermanfaat

No comments